Pengertian & Tutorial Motion Grafik
1. Pengertian Motion Grafik
     Motion Graphics adalah percabangan dari Seni Desain Graphics yang merupakan penggabungan dari, Ilustrasi, Tipografi, Fotografi dan Videografi dengan menggunakan teknik Animasi. ... Dari asal muasal pengertian dua kata tersebut, bisa dikatakan bahwa Motion Graphics, juga dapat disebut dengan istilah Grafis Gerak.

2. Tutorial Motion Grafik

Cara Membuat Motion Graphic di Adobe After Effects

kami sudah membahas seputar apa itu motion graphic dan hal penting apa yang mesti kamu pahami saat proses pembuatannya. Sekarang kami akan membagikan cara membuat motion graphic di Adobe After Effects yang bisa kamu praktikkan sendiri. Nah, ikuti langkah sederhana berikut ini satu per satu.  
  1. Buka software Adobe After Effects. Kemudian buat new project.
  2. Setelah itu klik kanan -> new -> solid. Tahap ini digunakan untuk membuat bentuk solid baru dengan ukuran 1920 px x 1080 px. Ubah warna bentuk solid sesuai yang kamu inginkan.
  3. Klik kanan -> new -> text. Ini digunakan untuk membuat teks baru. Akan muncul layer “Text 1”, kemudian tulis “Your”.
  4. Buat lagi teks baru dengan cara yang sama. Akan muncul layer baru dengan nama “Text 2”, kemudian tulis “Creative”. Posisikan teks 2 di samping teks 1, sehingga membentuk tulisan “Your Creativity”.
  5. Sekarang kita eksekusi teks 2 terlebih dahulu. Klik tulisan “Creativity”, kemudian ubah posisinya ke bawah sehingga muncul keyframe 1. Setelah itu ubah posisinya ke atas, sejajar dengan teks 1. Muncul keyframe 2. Antara keyframe 1 dengan keyframe 2 diberi jarak untuk timing. Coba play video dengan menekan tombol spasi. Maka teks 2 seakan-akan bergerak dari bawah ke atas.
  6. Kemudian ubah lagi posisi teks 2 ke atas. Muncul keyframe 3. Beri jarak antara keyframe 2 dengan keyframe 3.
  7. Di tengah-tengah pergerakan teks 2 dari keyframe 2 dengan keyframe 3, ganti opacity teks 2 dari 100% menjadi 0%. Sebelum mengganti opacity, buat dulu keyframe opacity 1 yang merupakan tampilan 100% dan keyframe opacity 2 yang merupakan tampilan 0%. Beri jarak di antara keduanya. 
  8. Sekarang buat teks 3 dengan cara klik kanan -> new -> text. Ganti tulisannya menjadi “Skills”.
  9. Beri efek teks 3 yang caranya sama dengan step 5-7.
  10. Kalau sudah, buat teks 4 dengan cara klik kanan -> new -> text. Ganti tulisannya menjadi “Success”.
  11. Beri efek teks 4 yang caranya sama dengan step 5-7.
  12. Saatnya finishing. Pastikan objek tulisan dan efek gerak sudah sesuai membentuk 3 kalimat berturut-turut, yaitu “Your Creativity”, “Your Skills”, dan “Your Success”.
  13. Play hasil video dengan cara klik tombol spasi.
  14. Render video.
  15. Motion graphic buatanmu sudah jadi.

Komentar